Senin, 05 September 2016

Cara Ganti Kapasitor AC

Salah satu bagian dari sistem AC adalah kapasitor. Tahukah apa itu kapasitor? Kapasitor merupakan alat elektronik yang dapat menyimpan muatan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpukan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.  Kapasitor pertama kali di temukan oleh Michael Faraday (1791-1867). Satuan kapasitor di sebut dengan Farat (F). Satu farat = 9 x 1011 cm2 yang artinya luas permukaan tersebut. Nama lain dari kapsitor adalah “Kondensator” (dalam bahasa italia condensatore). Kata kondensator pertama kali di sebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuan dari italia pada tahun 1782.


Kapasitor sendiri berfungsi untuk menghaluskan perputaran awal pada kompresor AC (Air Conditioner). Fungsinya seperti kapasitor bank yang menyimpan muatan listrik agar gerakan kompresor dapat bergerak dengan rata dan halus. Umumnya kapasitor yang dipergunakan pada mesin AC memiliki voltase yang cukup besar yakni sekitar 350 Volt sampai 475 Volt.

Nah.. untuk mengetahui besar atau kecilnya fungsi kapasitor AC biasanya berapa uf/mikro tergantung berapa PK anda memakai daya AC. Kadang-kadang kita bingung mengapa mesin AC tidak bisa menyala. Kita harus teliti untuk mengecek electronik yang mengalami kerusakan.

Berikut ciri-ciri kapasitor rusak:

1. Bila anda tidak memiliki alat ukur multi tester, caranya pun cukup mudah, yakni hanya dengan melihat bagian body atau bentuk dari kapasitor yang ingin di periksa, jika pada fisik kapasitor/kondensator terlihat menggelembung, maka ini sudah menjadi salah satu indikator dari ciri-ciri kapasitor/kondensator yang rusak.

2. Selain menggelembung dari bentuk aslinya, ada cara lagi yang mungkin bisa lebih akurat, yaitu melihat apakah kapasitor/kondensator mengeluarkan cairan seperti lelehan lilin atau cairan yang agak lengket, umumnya cairan yang keluar agak berminyak, jika ciri ini terlihat maka sudah dipastikan bahwa kapasitor itu rusak.

Nah kalau sudah ada ciri-ciri kapasitor rusak, tentu ada juga dong cara mengganti kapasitor yang sudah rusak, berikut tips cara penggantian kapasitor pada AC (Air Conditioner)
1. Cabut tegangan listrik  yang menghubungkan ke elektronik (supaya tidak kesetrum waku mencopot kapasitor)
2. Cek menggunakan afometer supaya mengetahui kapasitor sudah benar-benar rusak atau tidak
3. Kalau benar-benar rusak silahkan pergi ke toko elektronik untuk melakukan pembelian/silahkan menghubungi teknisi AC terdekat
4. Ingat yang terpenting adalah berapa pk AC yang anda gunakan besar kecilnya kapasitor tergantung berapa pk kita menggunakan AC.

Bila anda masih kurang paham mengenai cara ganti kapasitor AC (Air Conditioner) bisa langsung menghubungi teknisi service ac terdekat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar